Simbol Standar Pola dan Warna Batuan Peta Geologi

03.34 REPUBLIK MEMESIA 0 Comments


Sehubungan dengan adanya ujian tengah semester di kampus, postingan ini dibuat biar jadi catatan sekaligus jadi bahan buat berbagi dengan teman-teman. Kebetulan rasa penasaran lagi menggebu-gebu, saya putuskan mencari informasi dan memposting materi ini di blog.

Jadi waktu itu ada ujian tengah semester genap dari mata kuliah Pengenalan Data Geologi dan Sumber Daya Geologi. Sebenernya secara umum mata kuliah itu belajar mengenai data apa saja yang ada di lingkup geologi dan perpetaan. Kebanyakan mahasiswa diajarin soal peta kontur dan peta bencana.

Tapi waktu UTS yang ngaret itu dimulai, teman-teman pada kaget liat soal tentang simbol pola batuan dan warna batuan sesuai standar internasional di peta geologi. Karena kita pikir soal yang keluar ga jauh dari materi yang diberikan, cuma apa yang sudah disampaikan gitu... Akhirnya kita curi-curi kesempatan melakukan jurus ninja buat online pegang smartphone dan nyontek berjamaah. Hasilnya sih ketemu pola/pattern batuan, karena dulu pernah baca dan dikasih tau akhirnya ingat. Berikut nih pola singkat dan lengkapnya :

Ini untuk simbol batuan yang umum


Ini simbol pola batuan yang lebih banyak lagi, klik kanan "open image in new tab" biar lebih jelas

Tapi pas pola warna ternyata berbeda beda ya, dari hasil pencarian satu dan lainnya berbeda-beda. Karena ga ada yang yakin akhirnya kita mengarang puisi bebas dan sampailah itu UTS dikumpulkan.
Sepulang kuliah sih saya cari-cari tapi ternyata untuk artikel dan materi berbahasa Indonesia sangat jarang dan kurang lengkap di internet. Akhirnya terpaksa baca artikel orang luar negeri yang bahasanya bikin sakit kepala. Dapatlah hasil berikut :

PDF mengenai standarisasi simbol, bisa di download di tanda >> atau di lihat lebih besar. Ini aturan standarisasi simbol dan warna dari Geologi Amerika 

Ini yang dari Indonesia, kurang begitu jelas simbol batuannya


Artikel tentang Geologi nih, lumayan buat baca-baca dan nambah pengetahuan tentang perpetaan
Kelihatan di situ ternyata ada beberapa jenis tipe standarisasi yang digunakan. Jadi menurut saya untuk menjelaskan warna ini adalah batuan ini harus dicantumkan tipe standarisasi yang digunakan. Atau soal kita tambahin jenis standarisasi yang digunakan. 

Pola/pattern dan warna dibutuhkan agar tidak terjadi salah tafsir dalam suatu peta dengan peta lainnya. Semua pembaca peta geologi mengacu pada suatu standar yang menjelaskan bahwa simbol batuan ini dengan yang berada pada peta lainnya sama.

Menurut saya masih banyak kekurangan dari artikel ini, bagi yang ingin memberikan kritik dan saran serta masukan bisa tulis saja di kolom komentar. Tentu partisipasi anda akan kami hormati. Terima kasih sebanyak-banyaknya telah membaca dan memperhatikan. Salam geo-info...
 

SUMUR --- Kalau mau baca lebih lengkap kunjungi alamat ini : THE PREPARATION OF ILLUSTRATIONS FOR REPORTS OF THE United STATES GEOLOGICAL SURVEY By John L. RidgwayMethods to create ArcMap® styles with examples for lithology and time By Lorre A. Moyer, Jordan T. Hastings, and Gary L. Raines Penyusunan Peta Geologi Standar Nasional Indonesia ...

0 komentar: